Menu

Apa Prosedur dan Hukumnya Orang Mengganti Kelamin di Indonesia

2020 Jan 10

Banyak kasus yang terjadi, laki-laki atau perempuan, yang dilahirkan secara normal dengan jenis kelamin yang sudah ada sejak lahir tetapi setelah dewasa ingin merubahnya dengan cara operasi. Banyak faktor yang mendorong laki-laki atau perempuan memutuskan untuk merubah jenis kelaminnya. Tetapi bagi laki-laki atau perempuan yang ingin merubah jenis kelaminnya ada prosedur dan aturan yang harus ditaati di Indonesia.

Apa Itu Operasi Ganti Kelamin

Operasi ganti kelamin, yang juga dikenal sebagai operasi pergantian jenis kelamin atau rekonstruksi alat kelamin, adalah pembedahan yang merubah struktur seksual (jenis kelamin) seseorang, baik dari segi penampilan dan fungsi, dari seorang pria menjadi seorang wanita, atau sebaliknya. Operasi ini, secara medis juga dikenal sebagai feminisasi atau maskulinisasi, genitoplasti, penektomi atau vaginoplasti, orkiektomi, atau faloplasti, tergantung dari jenis kelamin asli dan jenis kelamin yang diinginkan. Hal ini dimanfaatkan oleh pribadi transgender untuk beralih dari gender (karakteristik sesuai jenis kelamin) biologis mereka, menjadi sesuai dengan jenis kelamin yang diinginkan, sebagai perawatan untuk kelainan yang disebut disforia gender.

BACA JUGA : Jerat Hukum Bagi yang Nge-Prank Driver Ojol

Hukum yang Mengatur Ganti Kelamin di Indonesia

Pada dasarnya belum ada aturan khusus yang mengatur mengenai pergantian jenis kelamin. Akan tetapi setiap warga Negara harus tercatat dalam data kependudukan dimana dalam data kependudukan itu menyebutkan jenis kelamin. Jadi jika seseorang melakukan operasi ganti kelamin, maka data kependudukannya harus ikut dirubah, merujuk pada Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan (“UU Adminduk”).

Dalam dalam Pasal 1 angka 17 UU Adminduk, "yang dimaksud dengan peristiwa penting adalah kejadian yang dialami oleh seseorang meliputi kelahiran, kematian, lahir mati, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, pengesahan anak, pengangkatan anak, perubahan nama dan perubahan status kewarganegaraan".

Dalam Pasal 56 ayat (1) UU Adminduk diatur bahwa pencatatan peristiwa penting lainnya dilakukan oleh Pejabat Pencatatan Sipil atas permintaan Penduduk yang bersangkutan setelah adanya penetapan pengadilan negeri yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Penjelasan Pasal 56 ayat (1) UU Adminduk sebagai berikut:

“Yang dimaksud dengan "Peristiwa Penting lainnya" adalah peristiwa yang ditetapkan oleh pengadilan negeri untuk dicatatkan pada Instansi Pelaksana, antara lain perubahan jenis kelamin.”

Sudah sangat jelas untuk dapat merubah jenis kelamin di Indonesia harus mengajukan ke pengadilan Negeri, sebagai mana contoh yang dilakukan Agus Widiyanto dari Batang Jawa Tengah. Pengadilan Negeri Batang melalui putusan pengadilan Nomor.19/ Pdt.P/2009/PN.Btg membenarkan dan mengesahkan perubahan status jenis kelamin Agus Widiyanto dari laki-laki menjadi perempuan bernama Nadia Ilmira Arkadea. Operasi ganti kelamin yang dilakukan oleh Agus Widiyanto telah disetujui oleh hukum yang berlaku.

BACA JUGA : Belum Banyak yang Tahu, Pengguna Narkoba Dipenjara atau Direhabilitasi?

Jadi jika ada yang ingin merubah jenis kelaminya bisa mengajukan kepada pengadilan Negeri. Dalam peroses persidangan bisa dibuktikan bahwa Anda layak merubah jenis kelamin sebagaimana yang Anda ajukan.

Walaupun secara hukum setiap orang berhak atas hidupnya termasuk untuk merubah jenis kelamin yang  sudah ada sejak lahir, akan tetapi tetap harus mengikuti prosedur yang berlaku.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan (“UU Adminduk”).
  2. Putusan Pengadilan Nomor.19/ Pdt.P/2009/PN.Btg



Tags

Jangan sungkan untuk bertanya
Forum QnA (Question & Answers) - Gratis !

Forum ini disediakan bagi Anda untuk mengajukan persoalan hukum yang Anda hadapi.
Silahkan tulis pertanyaan dan isi data dibawah ini. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh Tim Lawyer Lawgo dan jawabannya akan di publikasikan sebagai artikel hukum bermanfaat.

Baca Juga Artikel Terkait

Artikel Terpopuler