Menu

2 ASN Bugil Sedang Selingkuh Pingsan Di Dalam Mobil, Ko Bisa ? Ini Aturan Khususnya

Penulis (Author): Muh. Ikhsan 2020 Jun 11

Dua ASN pingsan mungkin tidak menjadi pemberitaan besar publik. Kan cuman pingsan doang. Tapi apa jadinya, bila dibubuhi dengan kalimat “berjenis kelamin berbeda di dalam mobil dan tidak memiliki ikatan sah.” Hayo, pikiran siapa yang bisa selamat? Heboh kan beritanya. Setelah ditelisik lebih jauh, kajadian main “pingsan-pingsan” memang benar adanya. Ceritanya bermula ketika masyarakat di sekitar wilayah Asahan, Sumatera Utara, melihat mobil terpakir dalam kondisi mesin menyala. Karena kelamaan parkir, warga mulai curiga kemudian melaporkannya kepada pihak Kepolisian. Setelah ditengok, rupanya ada dua makhluk Tuhan berbeda jenis di dalamnya. 

Si laki-laki bernama berinisial Z, pria asal Air Joman dan si perempuan berinisial H, wanita asal Tanjung Tiram. Keduanya adalah ASN. Saat ditemukan, kondisinya sudah setengah bugil dan mulut berbusa. Diduga, keluarnya busa dari mulut keduanya disebabkan keracunan Tapi, untuk sampai pada kesimpulan keduanya melakukan perselingkuhan, tidak dijelaskan oleh pihak Kepolisian.[1] Pokoknya, setengah bugi aja. Silahkan simpulkan sendiri. Kan untuk mengatakan keduanya melakukan perselingkuhan tidak bisa asal-asalan. Karena itu, frasa yang tepat digunakan adalah “patut diduga” melakukan perselingkuhan. Pertanyaan besarnya, apakah ada sanksi tersendiri bagi ASN melakukan perselingkuhan?

Setidaknya peraturan perundang-undangan yang dapat dirujuk berkaitan dengan perselingkuhan oleh ASN adalah Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1990 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1983 Tentang Izin Perkawinan dan Perceraian Bagi Pegawai Negeri Sipil. Pada Pasal 14 peraturan ini menegaskan: “Pegawai Negeri Sipil dilarang hidup bersama dengan wanita yang bukan istrinya atau pria yang bukan suaminya sebagai suami istri tanpa ikatan perkawinan yang sah.” Dalam penjelasan peraturan ini memberi rincian, bahwa yang dimaksud dengan hidup bersama adalah melakukan hubungan sebagai suami istri di luar ikatan perkawinan yang sah yang seolah merupakan suatu rumah tangga. 

Sanksinya  sendiri diatur dalam dalam Pasal 15 yang menyatakan bahwa pelanggar Pasal 14, dapat dijatuhi hukuman disiplin berat berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 Tentang Peraturan Disiplin PNS. Pasal 6 ayat (4) PP Disiplin PNS tersebut menegaskan:

“Jenis hukuman disiplin berat terdiri dari: (a) penurunan pangkat pada pangkat yang setingkat lebih rendah untuk paling lama I (satu) tahun; (b) pembebasan dari jabatan; (c) pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil; dan (d) pemberhentian tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil. 

Singkatnya, ASN yang terbukti melakukan perzinahan memiliki empat opsi  sanksi yang tidak bersifat kumulatif melainkan berdiri sendiri-sendiri. Bisa jadi diturunkan pangkatnya, atau yang lebih gawat adalah dibebas-tugaskan dari jabatan. Selain itu, Pasal 3 ayat (1) huruf (a) Peraturan Pemerintah Tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil juga menegaskan: “Setiap Pegawai Negeri Sipil dilarang: melakukan hal-hal yang dapat menurunkan kehormatan atau martabat Negara, Pemerintah, atau Pegawai Negeri Sipil. Demikian, ada dua rujukan ketentuan perundang-undangan berkaitan dengan perilaku perselingkuhan ASN. 

Terakhir, patut diketahui bahwa meskipun penggalan ketentuan di atas menggunakan frasa PNS bukan berarti ASN tidak termasuk dalam defenisi tersebut. Bila merujuk pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja  yang bekerja pada instansi pemerintah. Dengan kata lain, ASN adalah PNS namun dengan perjanjian kerja, bukan tetap.

[1] Detik.com, “Fakta Terbaru Sepasang ASN Bugil Pingsan Dalam Mobil Di Asahan”

Penulis (Author): Muh. Ikhsan 2020 Jun 11



Tags

Jangan sungkan untuk bertanya
Forum QnA (Question & Answers) - Gratis !

Forum ini disediakan bagi Anda untuk mengajukan persoalan hukum yang Anda hadapi.
Silahkan tulis pertanyaan dan isi data dibawah ini. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh Tim Lawyer Lawgo dan jawabannya akan di publikasikan sebagai artikel hukum bermanfaat.

Artikel Terpopuler