Menu

Yang Harus dilakukan Debt Collector dalam Menagih Utang

2020 Jan 01

Debt Collector atau yang biasa dikenal sebagai penagih hutang adalah sebuah jasa yang digunakan pihak Bank untuk membantu menangani atau menagih Kredit nasabah Bank yang macet, hal ini dilakukan agar pihak bank bisa mengurangi skor dari penilaian kredit macet.

Akan tetapi pihak bank dalam memilih pihak ketiga dalam menagih kredit harus lebih selektif karena banyak kasus pengancaman dan perbuatan yang tidak menyenagkan yang dilakukan oleh debt collector kepada nasabah bank.

Pada dasarnya, dalam melakukan penagihan, wajib mematuhi pokok-pokok etika penagihan utang. Contohnya dalam penagihan kartu kredit olel Bank, bank Penerbit Kartu Kredit wajib menjamin bahwa penagihan utang Kartu Kredit, baik yang dilakukan oleh Penerbit Kartu Kredit sendiri atau menggunakan penyedia jasa penagihan (debt collector), dilakukan sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Debt collector harus mematuhi etika yang telah diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 11/10/DASP Tanggal 13 April 2009 Perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (“SEBI 2009”). Sebagaimana yang telah diubah dengan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/17/DASP Tanggal 7 Juni 2012 Perihal Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu.

Dan terakhir diubah dengan (“SEBI 2012”) Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 18/33/DKSP Tahun 2016 tentang Perubahan Keempat Atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP Tanggal 13 April 2009 Perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu

BACA JUGA : Libur Telah Tiba, Awas Kebablasan Menggunakan Kartu Kredit Saat Liburan!

Berikut beberapa etika yang harus dimiliki oleh debt collector yang melakukan penagihan:

  1. Debt collector memiliki identitas dari Penerbit Kartu Kredit yang dilengkapi dengan foto diri yang bersangkutan;
  2. Penagihan tidak dilakukan dengan menggunakan cara ancaman, kekerasan dan/atau tindakan yang bersifat mempermalukan Pemegang Kartu Kredit;
  3. Penagihan tidak dilakukan dengan menggunakan tekanan secara fisik maupun verbal;
  4. Penagihan dilarang dilakukan kepada pihak selain Pemegang Kartu Kredit;
  5. Penagihan menggunakan sarana komunikasi dilarang dilakukan secara terus menerus yang bersifat mengganggu;
  6. Penagihan hanya dapat dilakukan di tempat alamat penagihan atau domisili Pemegang Kartu Kredit;
  7. Penagihan hanya dapat dilakukan pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 wilayah waktu alamat Pemegang Kartu Kredit;
  8. Penagihan di luar tempat dan/atau waktu tersebut di atas, hanya dapat dilakukan atas dasar persetujuan dan/atau perjanjian dengan Pemegang Kartu Kredit terlebih dahulu;
  9. Penagihan Kartu Kredit menggunakan tenaga penagihan dari perusahaan penyedia jasa penagihan (debt collector) hanya dapat dilakukan jika kualitas tagihan Kartu Kredit dimaksud telah termasuk dalam kualitas macet berdasarkan kriteria kolektibilitas sesuai ketentuan Bank Indonesia yang mengatur mengenai kualitas kredit.

Penerbit Kartu Kredit yang tidak mematuhi pokok-pokok etika penagihan utang Kartu Kredit dikenakan sanksi administratif berupa:

  1. Teguran;
  2. Denda;
  3. Penghentian sementara sebagian atau seluruh kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (“APMK”); dan/atau
  4. Pencabutan izin penyelenggaraan kegiatan APMK.

Jika masih ada debt collector dalam menagih utang masih tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka harus segera dilaporkan kepada pihak yang berwenang, agar tidak banyak korban dari debt collector dalam menagih utang ke nasabah.

Jika Anda merasa terus diganggu oleh debt collector karena  punya tunggakan utang kepada bank, Anda bisa meminita bantuan LAW-GO Credit Settlement dimana dengan menggunakan aplikasi LAW-GO Anda akan dibantu dalam meringankan utang anda di Bank dan penanganan debt collector yang menggangu. Anda tidak usah takut lagi akan gangguan debt collector karena pihak LAW-GO yang akan menangani hutang dan debt collector yang menggangu Anda.

BACA JUGA

  1. Sebelum Mengajukan Kredit, Cek Nama Anda di SLIK OJK!
  2. Bagaimana Cara Menghapus BI Checking Agar Nama Kembali Bersih?
  3. Kredit Anda Macet? Mungkin Ini sebabnya



Tags

Jangan sungkan untuk bertanya
Forum QnA (Question & Answers) - Gratis !

Forum ini disediakan bagi Anda untuk mengajukan persoalan hukum yang Anda hadapi.
Silahkan tulis pertanyaan dan isi data dibawah ini. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh Tim Lawyer Lawgo dan jawabannya akan di publikasikan sebagai artikel hukum bermanfaat.

Baca Juga Artikel Terkait

Artikel Populer