Menu

Sebelum Mengajukan Kredit, Cek Nama Anda di SLIK OJK!

2019 Dec 11

Apakah Anda akan mengajukan kredit? misalnya kredit kendaraan, atau kredit ke Bank? Perlu Anda ketahui Bank atau Leasing dalam memberikan kredit kepada Anda tidak serta merta memberikan kepada Anda, selain syarat yang sudah Anda penuhi ada juga pengecekan data Anda di OJK dimana data Anda di OJK menentukan apakah Bank akan memberikan kredit kepada Anda.

Dimana Kita Mengecek BI Checking

Per Januari 2018, seluruh proses BI Checking untuk mendapatkan IDI Historis tidak lagi dapat diakses melalui Bank Indonesia. Anda bisa mendapatkannya melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Apa Itu SLIK OJK

Sistem Layanan Informasi Keuangan yang selanjutnya disingkat SLIK adalah sistem informasi yang dikelola oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK) untuk mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan. 

  1. SLIK berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi kredit antar lembaga jasa keuangan guna mendukung kemudahan akses perkreditan atau pembiayaan.
  2. Penyelenggaraan kegiatan pelaporan dan permintaan Informasi Debitur melalui SLIK dapat dimanfaatkan untuk memperlancar proses penyediaan dana, penerapan manajemen risiko, penilaian kualitas Debitur, dan meningkatkan disiplin industri keuangan.
  3. Untuk melaksanakan penyelenggaraan kegiatan pelaporan dan permintaan Informasi Debitur melalui SLIK sebagaimana dimaksud pada angka 2, Pelapor melakukan penyampaian:
  4. Laporan Debitur kepada OJK secara lengkap, akurat, terkini, utuh, dan tepat waktu setiap bulan untuk posisi akhir bulan; dan
  5. koreksi Laporan Debitur kepada OJK dalam hal Laporan Debitur yang telah disampaikan tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh OJK, baik atas temuan Pelapor atau atas temuan OJK.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Menghapus BI Checking

Bagaimana Cara Mengajukan Informasi Debitur di SLIK OJK

Tata Cara SLIK OJK

Untuk Perorangan

Bagi masyarakat perorangan cukup dengan menyerahkan identitas diri asli yaitu Kartu TAnda Penduduk/KTP untuk warga Negara Indonesia atau Paspor untuk Warga Negara Asing.

Untuk Badan Usaha

  1. TAnda Daftar Perusahaan
  2. Akta Pendirian Perusahaan
  3. Perubahan anggaran dasar terakhir yang memeuat susunan kewenangan pengurus
  4. NPWP Perusahaan
  5. KTP Perwakilan Perusahaan
  6. Surat Kuasa dengan materai Rp. 6000,-

Jika ingin diwakilkan untuk membantu proses pengajuan informasi debitur

  1. Surat Kuasa dengan materai Rp. 6000,-
  2. KTP penerima Kuasa

Setelah persyaratan sudah lengkap dapat mendatangi Kantor OJK terdekat dengan membawa berkas persyaratan, serahkan dokumen tersebut kepada petugas OJK kemudian petugas OJK akan memverifikasi berkas tersebut setelah dokumen sesuai OJK akan melakukan pencetakan hasil Informasi debitur.

BACA JUGA : Kredit Anda Macet? Mungkin ini Sebabnya

Bagai Mana Cara Membaca Hasil Informasi Debitur Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang diberikan OJK

Cara Membaca SLIK OJK

Di informasi ini, Anda bisa melihat seberapa bagus skor Anda (terbagi dalam beberapa golongan kolektabilitas). Berikut pembagiannya:

  1. Kolektabilitas 1 berarti kredit lancar
  2. Kolektabilitas 2 berarti kredit dalam perhatian khusus/DPK: 90 hari
  3. Kolektabilitas 3 berarti kredit tidak lancar: 120 hari
  4. Kolektabilitas 4 berarti kredit diragukan: 180 hari
  5. Kolektabilitas 5 berarti kredit macet: >180 hari

Setelah Anda menerima hasil informasi mengenenai skor kredit Anda, Anda akan bisa menilai sendiri apakah Anda pantas untuk mengejukan kredit ke Bank. Dari hasil yang di dapat dari OJK juga Bank menilai skor kredit Anda, hingga bang bisa menentukan layak atau tidaknya Anda dibeikan kredit oleh Bank.

Jika nama Anda sudah terkena Blaclist segera Anda bersihkan kembali nama Anda, Anda bisa mengurusnya sendiri seperti mana cara-caranya telah disampaikan dalam artikel terlebih dahulu atau juga Anda bisa meminta bantuan dari Law-Go Credit Settlement, dimana kemudahan membersihkan nama baik Anda di Bank ada di genggaman Anda, setelah Anda menggunakan Law-Go Credit Settlement nama Anda akan kembali bersih di Bank.

Law-Go Credit Settlement adalah feature Aplikasi Law-Go  yang dapat Anda unduh di Play Store Smart Phone Anda.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011
2019 Dec 11



Tags

Jangan sungkan untuk bertanya
Forum QnA (Question & Answers) - Gratis !

Forum ini disediakan bagi Anda untuk mengajukan persoalan hukum yang Anda hadapi.
Silahkan tulis pertanyaan dan isi data dibawah ini. Setiap pertanyaan akan dijawab oleh Tim Lawyer Lawgo dan jawabannya akan di publikasikan sebagai artikel hukum bermanfaat.

Artikel Populer